Kepedulian Harmoni Kepada Generasi Milenial NTT



Generasi milenial menjadi suatu hal yang sering diperbincangkan orang-orang saat ini. Lalu apa itu generasi milenial? Generasi milenial adalah generasi yang lahir antara tahun 1980 sampai tahun 2000. Itu berarti, mereka yang tahun ini berusia 17 sampai 37 tahun. Mereka ini disebut juga generasi Y. Sedangkan generasi yang lahir sebelumnya disebut generasi X. (rumahmilenials.com.

Terdapat perbedaan yang signifikan antara generasi Y dan generasi X, salah satunya adalah dalam hal penguasaan teknologi, karena mereka (generasi Y) lahir disaat teknologi sedang maju, seperti Internet, TV berwarna, Smartphone dan sebagainya. Maka tak heran generasi milenial sangat melek akan teknologi.

Dari 255 juta penduduk Indonesia, 81 jutanya adalah generasi milenial. Mereka tersebar di berbagai belahan wilayah Indonesia. Itu berarti Indonesia memiliki kesempatan yang bagus untuk berkembang menjadi negara maju. Apalagi diperkirakan tahun 2030, Indonesia akan mengalami puncak bonus demografi, atau dalam bahasa lain penduduk usia produktif jumlahnya lebih banyak ketimbang usia kurang produktif.

Untuk mencapai hal tersebut, pemerintah harus mempersiapkan sumber daya manusia dengan baik. Agar generasi milenial Indonesia siap menghadapi tantangan global, yaitu masyarakat yang maju baik secara teknologi maupun ekonomi.

Kita patut optimis, melihat kebijakan pemerintah saat ini yang memberikan berbagai kesempatan kepada kaum muda untuk mengembangkan potensinya, dan itu terjadi bukan hanya di pusat kota saja, melainkan sampai ke daerah-daerah pelosok yang jauh dari ibukota.

Salah satunya di Nusa Tengga Timur, Provinsi yang berada di timur Indonesia ini memiliki sumber daya alam yang begitu banyak. Pemerintah NTT telah berupaya meningkatkan sumber daya manusia di sana, agar masyarakat dapat mengelola dan memanfaatkan kekayaan alam NTT dengan baik.

Bukan hanya pemerintah, siapapun harus berusaha membantu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di sekitarnya. Salah satu wujud kepedulian kepada kepada hal ini, ditunjukan oleh calon gubernur - wakil gubernur NTT dengan nomor urut 3, Benny K Harman dan Benny A Litelnoni (Harmoni). Harmoni telah membuat Balai Latihan Kerja (BLK) di daerah NTT, di BLK tersebut diajarkan berbagai macam keterampilan agar semakin tumbuh jiwa ekonomi kreatif para pemuda NTT. Baru-baru ini Harmoni memberikan pelatihan pembuatan Nutrisi Harmoni kepada para pemuda dan Masyarakat NTT, Nutrisi Harmoni tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan hewan ternak, sehingga kualitas daging dan susunya menjadi lebih baik.

Harmoni berharap kegiatan-kegiatan seperti ini dapat meningkatkan kreatifitas dan semangat generasi milenial NTT terutama dalam bidang ekonomi, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di NTT berkembang ke arah yang lebih baik. Salut buat Harmoni.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenikmatan Yang Mematikan

Babak Baru FLP Ciputat

Pemilu dan Momentum Indonesia Maju