5 Hal Yang dirindukan Mahasiswa di Masa SMA

dokumen pribadi


     Hai teman-teman. Apa kabar, Semoga kita selalu diberikan kesehatan ya, Aamiin. Kali ini saya ingin bercerita mengenai topik yang sangat menarik, yaitu 5 hal yang dirindukan mahasiswa pada masa SMA, tetapi 5 hal ini sebagian besar dulu malah dibenci sekali oleh kita ketika SMA. Nah apa saja 5 hal itu teman-teman? Berikut ulasannya.

1.        PR (Pekerjaan Rumah)

    PR atau pekerjaan rumah adalah tugas yang diberikan guru kepada siswa sebagai bahan evaluasi pembelajaran di kelas. Biasanya, guru memberikan PR itu dalam waktu satu minggu pengerjaannya, atau bisa lebih cepat sih, sesuai jadwal pelajaran, dan biasanya yang paling banyak memberi PR itu adalah guru Matematika.

    Pada waktu itu kita satu kelas kompak berkata “ahh”, protes kalau guru Matematika akan memberikan PR. Karena biasanya ketika guru memberi contoh soal sepertinya mengerti cara mengerjakannya, tapi ketika soal Matematika itu jadi PR, malah jadi lupa caranya. Aneh banget ya?  Apa teman-teman mengalami hal yang sama?

    Memang ngak semua murid protes sih, bagi anak yang jago matematika malah senang diberi PR. Alhasil kita yang kurang jago merapat mendekatinya, minta contekan.

    Belum lagi ditambah PR dari pelajaran-pelajaran lainnya, seperti misalnya PR mengarang dari pelajaran Bahasa Indonesia, PR menghafal potongan ayat Qur’an atau hadits dari pelajaran Agama dan sebagainya, banyak sekali PR rasanya kala itu yang membuat terbesit keinginan dalam hati supaya cepet lulus, cepat-cepat kuliah, karena katanya kalau kuliah itu kita bebas dari PR, bebas dari PR Matematika tentunya.

    Memang benar sih, di bangku kuliah tidak ada PR Matematika karena kita bebas memilih jurusan yang kita inginkan dan nggak ada Matematikanya. Tapi, ternyata tugas mahasiswa itu jauh lebih banyak ketimbang siswa SMA, dari mulai buat makalah yang antri setiap hari, jadwal presentasi seminggu sekali, tugas tambahan lainnya seperti membaca buku atau observasi, dan yang paling horor yaitu skripsi. Di titik ini kadang kita sebagai mahasiswa rindu akan masa-masa SMA dulu, yang hanya diminta mengerjakan PR saja, bila tidak bisa pun masih ada teman yang pinter dan berbaik hati ngasih contekan. Sekarang saat jadi mahasiswa kita tidak bisa menyontek tugas teman, kita harus mengerjakan tugas sendiri-sendiri.

Tapi, ternyata tugas mahasiswa itu jauh lebih banyak ketimbang siswa SMA, dari mulai buat makalah yang antri setiap hari, jadwal presentasi seminggu sekali, tugas tambahan lainnya seperti membaca buku atau observasi, dan yang paling horor yaitu skripsi.

dokumen pribadi


2.       Teman-teman Semasa SMA

    Kalau ditanya masa yang paling bahagia dalam hidup salah satu jawabannya mungkin pada masa SMA, di mana kita mempunyai teman-teman akrab yang biasa saling bercanda dan bermain bersama, waktu itu definisi teman itu benar-benar teman, tidak ada kepentingan lain, benar-benar hanya sebatas teman.

    Ketika kuliah definisi teman berbeda, terkadang seorang teman ada ketika kita dalam keadaan di atas, namun saat kita jatuh, teman itu entah kemana, mungkin hanya sedikit yang benar-benar teman saat kuliah.

 terkadang seorang teman ada ketika kita dalam keadaan di atas, namun saat kita jatuh, teman itu entah kemana

    Terkadang, ketika kita bertemu dengan teman lama sewaktu SMA maka yang paling banyak dibicarakan pastinya mengenai kenangan-kenangan waktu sekolah dulu dan itu membuat kita rindu.

    Ingat siapa perempuan yang semasa SMA yang kamu sukai? Mungkin kita sempat mengungkapkan isi hati kita atau mungkin tidak pernah sama sekali karena alasan malu. Wajar saja karena ketika SMA adalah awal-awalnya kita mulai menyukai lawan jenis. Terkadang rasa suka itu muncul karena kita kemana-mana selalu bersama. Bisa karena sama-sama menjadi pengurus OSIS, sama-sama anggota Pramuka sama-sama anggota Paskibra dan sebagainya. Terkadang  rasa suka bisa muncul dari rasa benci, karena kita sering bertengkar dan berbada pendapat di kelas. Mana yang cocok dengan teman-teman?

3.       Guru Killer

    Teman-teman ingat guru paling galak waktu SMA dulu? Ingatkah kejadian pada saat kita dimarahi dan disuruh push up olehnya karena terlambat datang? Mengingatnya pasti membuat kita senyum-senyum sendiri. Ingatkah dulu saat kita diusir dari kelas dan tidak diperbolehkan masuk karena datang terlambat. Memutar kembali memori lama ketika dulu kita nakal pasti membuat kita senyum-senyum sendiri

    Mungkin saat itu kita jengkel dan ngedumel dalam hati ingin rasanya segera lulus sekolah agar tidak bertemu dengan guru itu lagi. Dan lagi-lagi agar tidak berjumpa dengan matematika. Sudahmah Pelajaran matematika sulit ditambah gurunya killer, ya wasalam.

    Percayakah teman-teman, justru guru yang galak atau killer tadi mungkin adalah guru yang paling kita kenang hari ini, saat kita kuliah. Kita rindu masa-masa itu, dihukum push up atau scout jamp sebelum masuk kelas, dimarahi dan dicermahi karena kita bandel. Kita pasti rindu  kepada guru tersebut dan pasti kenangan itu tidak akan terulang lagi.

4.       Kantin

    Kantin sekolah adalah tempat unjuk gigi siswa populer atau siswa yang sok jagoan di sekolah. Ada bangku-bangku khusu yang tidak boleh ditempati kecuali oleh dia dan geng nya saja. Mereka akan mengusir orang lain yang berani duduk di sana.

    Selain itu kantin juga menjadi tempat berkumpul anak-anak nakal yang keluar dari kelas pada jam pelajaran, kantin sekolah jadi semacam rest area, tempat istirahat sejenak –terkadang lama—dari kamar mandi. Ingatkah dulu teman-teman, kita bilang kepada guru  ijin ke kamar mandi tapi malah belok ke kantin? Dan guru yang galak akan marah-marah dan menghukum kita jika ketahuan.

Ingatkah dulu teman-teman, kita bilang kepada guru  ijin ke kamar mandi tapi malah belok ke kantin?

    Kenangan seperti itu tak akan terulang lagi saat kita kuliah, jika kita keluar pada jam kuliah, dosen tidak akan peduli, masa bodo mahasiswanya keluar, siap-siap saja dapat nilai C. Jadinya kita pikir-pikir lagi kalau mau bolos saat perkuliahan berlangsung.

    Tidak ada lagi bangku kantin yang dimonopoli sekarang, karena tentunya di kampus banyak pilihan tempat makan atau  tempat jajan yang bisa kita pilih. Berbeda pada saat SMA, tempat makan dan jajan hanya itu saja.

5.       Semangat Bercita-cita

    Yang terakhir, kenangan waktu SMA dulu yang ketika kuliah sangat dirindukan adalah berani bercita-cita yang tinggi, saat SMA dulu terutama ketika kelas 3 mendekati kelulusan, kita selalu ditanya oleh guru kita mau masuk kuliah jurusan apa, tak lupa dijelaskan olehnya jika masuk jurusan ini maka kamu akan kerja ini, akan jadi ini nantinya. Antusiasme kita sangat tinggi waktu itu, banyak yang berharap masuk ke universitas terbaik agar bisa meraih mimpinya.

    Sekarang ketika kita kuliah kita sadar, semua itu tidak mudah, kita harus realistis dan menghadapi kenyataan. Terkadang apa yang kita cita-citakan dulu sangat jauh dengan keadaan kita hari ini. Semangat bermimpi ketika SMA dulu tak sesemangat saat sudah menjadi Mahasiswa sekarang. Apakah kamu mengalami itu? 

    Bagus jika teman-teman masih memiliki semangat yang sama dengan dulu saat SMA, itu berarti teman-teman sedang berada di rel mimpinya.

    Tapi, bagi teman-teman yang terpental jauh dari rel cita-cita, janganlah sedih, inilah hidup, semua tidak selalu sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Tapi, bagi teman-teman yang terpental jauh dari rel cita-cita, janganlah sedih, inilah hidup, semua tidak selalu sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Sekian.

Bintaro 2 Juli 2020


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenikmatan Yang Mematikan

Babak Baru FLP Ciputat

Pemilu dan Momentum Indonesia Maju