4 Pesan Tukijo Untuk Generasi Muda Indonesia


Media Reputasi Indonesia, kemarin siang melaksanakan Telewicara dengan mantan direktur Waskita Karya Realty, Bapak Tukijo. Adapun yang menjadi moderator adalah Rochmad Widodo owner Media Reputasi Indonesia. Acara ini dilaksanakan live dan ditonton banyak orang.

Acaranya yang berlangsung kurang lebih satu setengah jam itu membahas seputar kehidupan Tukijo dan kisah dibalik kesuksesannya. Selama 38 tahun berkecimpung di BUMN tentunya berbagai hal telah beliau alami baik suka maupun duka, sehingga beliau bisa menggapai kesuksesan. Dan tentunya membahas apa motivasi yang membuat beliau bisa sukses.

Terlahir dari keluarga miskin, Tukijo kecil mau tidak mau harus bekerja keras membantu keluarganya. Mulai dari berjualan sampai mencari rumput buat pakan ternak. Semua dilakukannya karena dia tahu keadaan ekonomi orangtuanya.

Lulus sekolah menengah atas, Tukijo ikut pamannya ke Pontianak dan membatunya bekerja di Bidang Properti. Dari sinilah kehidupannya mulai berubah, tujuan hidupnya kini menjadi seorang kotraktor bangunan yang hebat.

Lulus kuliah mulailah ia mengambil satu dua proyek bangunan, namun nahas proyek pertamanya gagal, ia kurang teliti memperhatikan gambar bangunan, tidak main-main bangunannya terbalik. Itulah proyek pertamanya dan kesalahan pertamanya. Namun kejadian itu dia jadikan pelajaran agar kedepan lebih teliti dan lebih berhati-hati dalam bekerja. Itulah Tukijo, seseorang yang gigih dan pentang menyerah yang menghantarkannya menjadi seorang kontaktor hebat.


Setelah sukses dan menjadi orang tertinggi di perusahaan, tidak lantas membuatnya jadi sombong dan semena mena terhadap bawahan, Tukijo selalu menghargai bawahannya bahkan kalau ada kesalahan ia tidak mau memanggil staff ke kantornya, tapi dia sendiri yang datang ke ruangan staff dan menanyakan langsung masalah perusahaan. Karena dia percaya jika seorang staff dipanggil ke ruangan atasan itu berarti staff itu akan merasa telah berbuat salah.

Kemudian ia juga rutin mengajak karyawannya untuk menyanyikan mars perusahaan setiap pagi, gunanya adalah untuk meningkatkan semangat serta rasa cinta karyawan terhadap perusahaan tempatnya bekerja. Itu semua dilakukan Tukijo bertahun-tahun lamanya saat dirinya diamanahi kepemimpinan.

Dalam wawancara tadi Pak Tukijo berpesan kepada anak-anak muda generasai saat ini bahwa jabatan itu adalah amanah yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Kedua, anak muda harus memiliki tujuan yang jelas, dan mengarahkan aktifitasnya untuk meraih tujuan tersebut.

Yang ketiga, anak muda harus selalu semangat belajar dari orang lain, ia menekankan jika orang lain bisa kenapa kita tidak bisa melakukan suatu hal. Dan yang terakhir kita harus percaya kepada atasan kita. Apa yang ditugaskannya pasti kita sanggung mengerjakannya, karena atasan tahu batasan kita.  

Itulah pesan pesan Tukijo kepada anak muda lewat telewicara kemarin. Pesan singkat yang sangat inspiratif.

Sekian.

Penulis: Jaja Suhana


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenikmatan Yang Mematikan

Babak Baru FLP Ciputat

Pemilu dan Momentum Indonesia Maju